PEDOMAN PKB GURU


Oleh : Yuswan

Guru adalah bagian integral dari organisasi pendidikan di sekolah. Sebagai sebuah organisasi pendidikan di sekolah diharapkan seorang guru mampu menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang menjadi ciri kehidupan modern, Peter Senge (2000) mengingatkan perlunya mengembangkan sekolah sebagai sebuah organisasi pembelajar. Di antara karakter utama organisasi pembelajar adalah senantiasa mencermati perubahan internal dan eksternal yang diikuti dengan upaya penyesuaian diri dalam rangka mempertahankan eksistensinya secara profesional.

Oleh karena itu seorang guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Karena itu, profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Konsekuensi dari guru sebagai profesi adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Oleh karena itu bagi yang berkeingunan memahami perihal pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) silahkan buka buku I

  1. Buku 1. Pedoman Pengelolaan PKB
  2. buku_2_pedoman_pkg_revised_4_mei_012
  3. Buku 4. Pedoman Kegiatan PKB
  4. Buku 5. Pedoman Penilaian Kegiatan PKB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s