KURIKULUM PENDIDIKAN KHUSUS


Oleh Yuswan

kurikulum-2013

Kurikulum Pendidikan Khusus adalah kurikulum bagi peserta didik berkelainan atau berkebutuhan khusus yang mengikuti pendidikan pada satuan pendidikan khusus atau satuan pendidikan reguler di kelas khusus yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sesuai kemampuannya.
Jadi sebagai acuan dasarnya adalah kemampuan peserta didiknya. Apabila ini benar-benar diterapkan maka Pendidikan Khusus adalah layanan pendidikan yang terbaik karena tidak terkontaminasi oleh kepentingan di luar peseta didik. Bila ada yang mengukur layanan pendidikan berdasar hakekat Hak Asasi Manusia (HAM) maka kebutuhan anak ukurannya buka sekedar konsep

Menurut hemat kami, harus kita sadari bahwa anak berkebutuhan khusus (ABK) tak bisa digeneralisasikan sebagai anak yang memiliki kondisi sama dengan anak pada umumnya hanya dibawah mereka kebutuhannya. Apabila persepsi ini benar maka adalah kewajiban kita untuk memberikan pembelajaran yang proporsional antara kebutuhan dengan programnya.

Marri kita renungkan sejenak mungkinkah anak berkebutuhan khusus diberi beban pembelajaran sama dengan anak pada umumnya dengan porsinya yang disesuaikan ?  Sebagai bahan pertimbangannya adalah adanya kompleksitas kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus  sebagai konsekuensi logis dari variatifnya karakteristik  Anak Berkebutuhan Khusus.

Akan tetapi apakah kurikulum pendidikan khusus yang kita harapkan juga demikian adanya …? Cermati dan pahami rambu-rambu dalam Permendikbud Nomor 157 tahun 2014  DENGAN klik :  PERMENDIKBUD NOMOR 157 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM PENDIDIKAN KHUSUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s