MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013


Hasil gambar untuk gambar diklat kurikulum

Oleh Admin

  • SAMBUTAN KEPALA BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
  • PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

Pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru merupakan tiga pilar penting dalam mewujudkan implementasi Kurikulum 2013. Efektivitasnya sangat bergantung pada kesesuaian kompetensi ketiganya dengan kebutuhan mewujudkan target yang diharapkan pada tingkat satuan pendidikan. Peningkatan kompetensi melalui penyelenggaraan pelatihan merupakan kegiatan strategis yang perlu disertai dengan langkah penjaminan bahwa ketiga pilar mutu pelaksanaan kurikulum yang terukur dan sistematis. Implementasi kurikulum 2013 berimplikasi terhadap kebutuhan peningkatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan tiga pilar penjamin mutu. Untuk merespon kebutuhan itu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK dan PMP) melalui Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan telah menyusun Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Materi yang tersusun diharapkan menjadi referensi utama bagi fasilitator dan peserta pelatihan dalam penyelenggaraan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Materi Pokok Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah terdiri atas Manajemen Implementasi Kurikulum 2013, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013, dan Kepramukaan. Sedangkan Materi Pokok Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah terdiri atas Supervisi Manajerial Implementasi Kurikulum 2013, Manajemen Implementasi Kurikulum 2013, Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013, dan Kepramukaan.

Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih serta penghargaan atas dedikasi tinggi para penyusun materi dan penelaah materi. Terima kasih saya sampaikan kepada pejabat dan staf BPSDMPK dan PMP, widyaiswara, dosen perguruan tinggi, pengawas sekolah, dan kepala sekolah yang telah berpatisipasi aktif sehingga terselesaikan materi tersebut. Semoga keberadaan materi dan seluruh perangkat pelatihan lainnya dapat berkontribusi positif terhadap efektivitas penyelenggaraan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Jakarta,   Januari 2014

Kepala Badan PSDMPK dan PMPProf.

Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

NIP 196202031987031002

KOMPETENSI YANG AKAN DICAPAI OLEH PESERTA PELATIHAN ADALAH

  1. Merumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan
  2. Mengidentifikasi muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  3. Mengatur beban belajar di satuan pendidikan
  4. Menyusun agenda sekolah sesuai kalender pendidikan
  5. Menetapkan sistem penilaian di sekolah
  6. Mengolah hasil penilaian kelas 7.
  7. Merancang program tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran.

Buku materi  PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI KEPALA SEKOLAH terbitan tahun 2014 dapat di download dengan TEKAN AKU