KURIKULUM MUATAN LOKAL BAHASA JAWA


Mendikbud, M Nuh

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan bahwa mata pelajaran bahasa daerah tak akan dihapuskan dalam kurikulum 2013. Bahasa daerah tetap diajarkan, khususnya di wilayah yang memang sudah mengajarkan mata pelajaran ini pada anak didiknya, seperti Yogyakarta dengan bahasa Jawa atau Bandung dengan bahasa Sunda.

“Bahasa daerah harus ada. Itu kan sudah dibilang masuk dalam muatan lokal seni budaya,” kata Nuh, saat Sosialisasi Kurikulum 2013 di Abadi Suite Ballroom, Jambi, Minggu (6/1/2013).

Nuh menjelaskan, objek yang diajarkan pada siswa adalah objek fenomena alam, fenomena sosial dan seni budaya. Untuk itu bahasa daerah yang merupakan salah satu unsur budaya yang wajib dilestarikan tidak boleh dihilangkan dalam struktur kurikulum pendidikan.

“Sangat tidak logis kalau produk budaya diabaikan. Bahasa daerah ini kaan salah satu produk budaya,” terang Nuh.

Hanya saja ia mengungkapkan bahwa bahasa daerah yang diajarkan apa saja itu nanti tergantung pada kewenangan daerah masing-masing. Ia memberi contoh bahwa pelajaran bahasa Jawa di beberapa daerah itu bisa jadi berbeda karena disesuaikan dengan budaya yang tumbuh di daerah tersebut.

Sebelum lahir kurikulum 2013 Kurikulum mata Pelajaran Muatan lokal Bahasa Jawa di Provinsi Jawa Tengah ditetapkan dengan SK Gubernur  Jawa Tengah Nomor : 423.5/27/2011 untuk jenjang Pendidikan Menengah dan untuk jenjang Pendidikan Dasar dengan SK Gubernur Nomor :  423.5/5/2010.

Sebagai bahan pertimbangan dalam mengintergasikan dalam muatan lokal seni budaya untuk mengunduh kuriklum Bahasa Jawa kurikulum lama silakan KLIK :

  1. KURIKULUM MULOK BAHASA JAWA SDLB-SMP-SMPLB
  2. KURIKULUM MUATAN LOKAL SMALB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s