MENULIS-MAMBACA HURUF BRAILLE TINGKAT DASAR


Oleh: Drs. Subagya, M.Si

A. SEJARAH

Pada tanggal 4 Januari 1809 di Desa Coupvray 40 km dari Paris Louis Braille lahir. Ketika umur 3 tahun Louis Braille matanya rusak karena tertusuk pisau, sejak itulah dia menjadi seorang anak yang buta. Pada tahun 1819 Louis Braille berumur 10 tahun oleh orang tuanya dimasukkan ke sekolah khusus untuk tunanetra di L’eccle des Yeunes Avengles di Kota Paris. Sekolah ini didirikan oleh Valentine Hauy pada tahun 1784 yang merupakan sekolah pertama untuk anak tunanetra dengan menggunakan huruf relief yaitu huruf cetak yang ditimbulkan. Setelah menamatkan di sekolah tersebut Louis Braille bekerja pada sekolah yang sama sebagai pembantu guru.Semasa itu opsir tentara berkuda Perancis yang bernama Charles Barbeier menciptakan tulisan yang berupa 12 titik timbul yang dapat dibaca melalui perabaan. Tulisan ini semula bukan untuk kepentingan tunanetra tetapi untuk kepentingan sandi militer.

Mendengar penemuan itu Louis Braille tertarik untuk mempelajari dan menyusunnya kembali menjadi 6 titik timbul yang kemudian dikenal dengan nama huruf Braille. Louis Braille menyusunnya untuk kepentingan bahasa, berhitung, musik. Luois Braille meninggal dunia pada 6 Juni 1852, namun tulisan Braille melalui konggres (1860) yang diadakan di Paris diterima sebagai tulisan resmi untuk orang tunanetra di seluruh Eropa, sedangkan diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1901 pada Blinden Institut di Bandung yang didirikan oleh Dr. Westhoff.

Perkembangan Braille di Indonesia sejak tahun 1975 telah disusun buku pedoman menulis Braille menurut EYD, kemudian pada tahun 2000 telah disempurnakan/ dilengkapi sesuai perkembangan teknologi dan informasi, maka diterbitkanlah sistem Braille Indonesia bidang Bahasa Indonesia (Kepmendiknas, Nomor: 052/U/2000, tanggal 13 April 2000), bidang Matematika (Kepmendiknas Nomor: 056/U/2000, tanggal 13 April 2000), bidang Fisika (Kepmendiknas Nomor: 054/U/2000, tanggal 13 April 2000), bidang Kimia (Kepmendiknas Nomor: 055/U/2000, tanggal 13 April 2000).

Selengkapnya KLIK : membaca menulis braille lengkap ok

..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s