PEDOMAN DIKLAT BIDANG TK DAN PLB MELALUI JARINGAN ONLINE DAN PEMBIMBINGAN KTI MELALUI JARINGAN ONLINE TAHUN 2013


Oleh Amin Bakor

Guru yang kreatif adalah mereka yang selalu mencari dan menemukan hal yang baru untuk kepentingan peningkatkan kualitas pembelajaran.Oleh karena itu guru harus terus meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya melalui pengembangan keprofesian guru berkelanjutan.Karya Tulis ilmiah merupakan salah satu komponen pengembangan keprofesian guru berkelanjutan sesuai yang diamanatkan oleh Permennegpan dan RB Nomor 16 tahun 2009.

Peningkatan kompetensi guru merupakan hak setiap guru, oleh karena itu pemerintah berkewajiban untuk menyediakan program-program yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru. Menyadari bahwa jumlah guru yang cukup banyak, (hampir 3 juta)  maka program pendidikan dan pelatihan (diklat) konvensional melalui tatap muka tidak dapat menyentuh seluruh guru.

Dalam era teknologi informasi perlu pengembangan dalam segala hal termasuk dalam jenis diklat, maka pada tahun 2013 ini Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan TK dan PLB
meluncurkan kembali jenis diklat yaitu diklat dengan menggunakan media internet atau dikenal dengan e-training dengan menggunakan bahan ajar dalam bentuk web. Pengembangan model diklat secara online (e-training) merupakan salah satu alternatif yang sangat baik untuk menanggulangi permasalahan kompetensi guru.Diklat secara on-line dapat meningkatkan kompetensi guru tanpa batas ruang dan waktu sehingga lebih efektif dan efisien.

Berbagai pendidikan dan pelatihan (diklat) dapat diikuti oleh guru melalui kegiatan yang diprogramkan baik secara langsung tatap muka maupun melalui bantuan media internet.Salah satu program unggulan diklat yang dilaksanakan oleh PPPPTK TK dan PLB Bandung adalah pembimbingan penulisan karya tulis ilmiah yang dilaksanakan secara on-line

Adapun keuntungan yang diperoleh dengan mengikuti diklat ini adalah:
1. Para guru dapat mengikuti program ini tanpa meninggalkan tugas keseharian.
2. Diklat dapat menjangkau jumlah lebih banyak dibandingkan dengan diklat tatap muka.
3. Biaya diklat relatif lebih murah dibandingkan dengan diklat tatap muka.
4. Dapat mengikuti perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi

Memperhatikan berbagai keuntungan dalam program ini serta berbekal pengalaman kerjasama dengan pihak LPTK dalam penyelenggaraan berbagai diklat, maka PPPPTK TK dan PLB terpanggil untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan para guru baik kompetensi pedagogi dan profesional, maupun perkembangan IPTEK khsususnya perkembangan teknologi informasi.

Terkait pelaksaan  Diklat e-training dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini disusun sebuah pedoman sebagai :
1. Memberikan rujukan tentang pelaksanaan pembimbingan KTI Guru.
2. Rujukan bagi widyaiswara PPPPTK TK dan PLB serta pihak-pihak lain yang terlibat di lingkungan PPPPTK TK dan PLB mengenai pelaksanaan diklat e-training dan KTI.

Guru PLB sebagai sasaran  pembimbingan, tidak ada salahnya kalau memahami juga pedoman dimaksud yang selengkapnya silahkan KLIK : PEDOMAN DIKLAT BIDANG TK DAN PLB MELALUI JARINGAN ONLINE DAN PEMBININGAN KTI ONLINE 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s