NOMOR INDUK SISWA NASIONAL (NISN) BERLAKU SEPANJANG MASA


Penerimaan siswa baru sudah diambang pintu. Guna memperlancar pengelolaan administrasi dan terpenuhinya hak anak dalam layanan pendidikan salah satu kebijakan Pemerintah adalah penggunaan NISN.

Berdasar Pengumuman 2013 dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal  30/01/2013 perihal NPSN dan NISN , sebagai tindak lanjut surat edaran nomor 1980/P3/TP/2011 tanggal 14 September 2011 diinformasikan bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP Kemdikbud) membangun pelayanan Sistem Layanan DAPODIK versi terbaru dengan menggunakan nama Sistem Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Sistem Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Apabila sekolah ingin mengetahui Sistem tentang NPSN atau NISN  dapat diakses melalui alamat :

Apa itu NISN ?

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan.Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.

Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.

Tujuan dan Manfaat

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Oleh karena itu adalah suatu keharusan bagi SD/MI dan SDLB untuk mengupayakan pengajuan baru agar siswa-siswinya mendapatkan NISN. Hal ini karena NISN akan digunakan sejak anak  duduk di jenjang pendidikan dasar SD/MI atau SDLB hingga tamat jenjang pendidikan menengah adalah sangat besar.

Terkait  blangko dan prosedur  pengajuan NISN baru silakan KLIK : http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4

Selanjutnya untuk mengetahui apakah data siswa kita sudah diakses dan diberikan NISN silakan cek data silakan KLIK : http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data  setelah muncul dialog box, isi sesuai pilihannya. Apakah mau di cek berdasar NISN atau berdasar tanggal lahir.

Guna mengetahui hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut bisa lihat secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN  yakni : http://nisn.data.kemdiknas.go.id.

Apabila sekolah mengalami kendala atau ingin mengetahui informasi lebih mendalam terkait NISN silahkan kontak ke :

PUSAT DATA DAN STATISTIK PENDIDIKAN
Gedung E Lantai 1
Jalan Jenderal Sudirman
Senayan, Jakarta 10270
Telp. (021) 57905777
(021) 57904804

Website: http://www.pdsp.kemdiknas.go.id
Email: pdsp@kemdikbud.go.id

Semoga bermanfaat.

Oleh      : Yuswan
Sumber : http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/2

2 pemikiran pada “NOMOR INDUK SISWA NASIONAL (NISN) BERLAKU SEPANJANG MASA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s