RSS

AWAS PENIPUAN MENGATASNAMAKAN BAN-SM…!

28 Mei

Dunia pendidikan di Indonesia mewajibkan pelaksanaan akreditasi bagi sekolah dan madrasah. Secara prinsip dapat disimpulkan akreditasi sebagai upaya pemetaan sekolah. Skalanya terdiri dari yang tinggi ke yang rendah adalah  terakreditasi A, B, C dan tak terakreditasi. Pemetaan ini terkait dengan upaya pembinaan dan vasilitasi sesuai kebutuhan lembaga sekolahnya. Ada kecenderungan semakin tinggi tingkat akreditasinya image/kesan di masyarakat semakin baik sekolah tersebut.

Situasi ini dimanfaatkan segelintir orang yang tak bertanggungjawab dengan dalih dalam rangka upaya peningkatan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana, dan terukur, serta untuk mewujudkan pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah secara obyektif, adil, professional, komprehensif, dan transparan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang diharapkan dapat tercapai dalam kesatuan jenjang pendidikan, khususnya terhadap Pendidikan Dasar dan Menengah berdasarkan Permendiknas No. 11/2009, mereka menjaring mangsanya.

Sebagai contoh dialami oleh SMALB Negei Cilacap,  ini untuk yang ke-dua kalinya mendapat penawaran dari pihak yang mengatasnamakan BADAN AKREDITASI NASIONAL SEKOLAH / MADRASAH PUSAT, tawaran kegiatan demikian :

                              BADAN AKREDITASI NASIONAL

SEKOLAH/MADRASAH

 

                 Komplek Ditjen Mandikdasmen Kemdikbud RI, Gd. F. Lantai 2

                   Jl. RS. Fatmawati – Cipete, Jakarta Selatan, Telp : (021) 71298457 Fax : (021) 71235292

Nomor             : 3577/BAN-SM/BT/V/2013                                                                                                Jakarta,14 Mei 2013

Lampiran         : 1 (Satu) Lembar

Perihal             : Bimtek Pelaksanaan Akreditasi On-Line

 


Kepada Yth,

Kepala Sekolah

SMALB Negeri Cilacap Utara Kab. Cilacap.

        di,-

    T e m p a t.


Mengacu pada Permendiknas No. 59/2012  sebagai perubahan Permendiknas No. 28/2005 tentang BAN-PT, Permendiknas No. 29/2005 tentang BAN-S/M, dan Permendiknas No. 30/2005 tentang BAN-PNF dalam kaitannya dengan upaya peningkatan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana, dan terukur, serta untuk mewujudkan pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah secara obyektif, adil, professional, komprehensif, dan transparan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang diharapkan dapat tercapai dalam kesatuan jenjang pendidikan, khususnya terhadap Pendidikan Dasar dan Menengah berdasarkan Permendiknas No. 11/2009 tentang Akreditasi SD/MI, Permendiknas No. 12/2009 tentang Akreditasi SMP/MTs, Permendiknas No. 13/2009 tentang Akreditasi SMK/MAK dan Permendiknas No. 52/2008 tentang Akreditasi SMA/MA.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, BAN-S/M mengundang para Kepala Sekolah dan Guru yang kompeten dengan pelaksanaan Akreditasi, untuk mengikuti berbagai program sosialisasi kebijakan melalui kegiatan :

  “BIMBINGAN TEKNIS PELAKSANAAN AKREDITASI SECARA ON-LINE 2013”

(Sambutan Pembukaan : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI)

 Acara akan diselenggarakan pada hari Sabtu  –  Minggu  tanggal 18  – 19 Mei 2013, pukul 09.00 Wib s.d. 15.00 Wib, di  Hotel Mercure, Ancol Jakarta Utara.

Mengingat peserta yang diundang terbatas (Maksimal 100 Peserta) maka diharapkan segera mendaftarkan diri selambat-lambatnya 1 atau 2 hari setelah surat yang bersifat Undangan ini diterima dengan menghubungi secara langsung Kabag Registrasi : Drs. HM. Indra Subekti, M.Pd melalui No.Hp. 0852  1114 4977.

Biaya penyelenggaraan kegiatan, bersumber dari Anggaran DIPA BAN-S/M Kemdikbud RI, termasuk Bantuan Laptop dan biaya Transportasi/Akomodasi Hotel yang akan ditransfer langsung ke Rekening Bank masing-masing peserta.

Demikian untuk maklum, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

                     A.n. Ketua BAN-S/M Kemdikbud RI

              Panitia Bimtek Pelaksanaan Akreditasi


                                                                                                                                         Ir. Widodo Sulistyo, M.Pd                                                                                                                                                          K e t u a

Tembusan:

1. Yth. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

2. Yth. Dirjen Mandikdasmen Kemdikbud RI.

3. Yth. Ketua BAN-S/M Kemdikbud RI.

4. A r s i p,-

 

Setelah dicek di alamat BAN SM Pusat ternyata tak ada kegiatan seperti dimaksud. Apabila ada sekolah yang mendapat surat seperti di atas, kami anjurkan untuk tidak ditanggapi dan dicek kebenarannya.

Kejanggalan sebenarnya terlihat kalau kita jeli. Perhatikan tentang pembiayaan dalam surat ” Biaya penyelenggaraan kegiatan, bersumber dari Anggaran DIPA BAN-S/M Kemdikbud RI ”  Aneh ko akan ditransfer langsung ke Rekening Bank masing-masing peserta. Apa tidak butuh SPPD dllSekedar untuk diketahui pada undangan yang pertama dahulu… setiap peserta disiapkan anggaran Rp 22.500.000,00  untuk kegiatan 3 hari  di  Hotel Nusa Dua Bali.

Wah… kalau beneran… aku juga mau…tapi tak mungkin…..!

Jadi mereka yang mengatasnakan BAN -SM PUSAT adalah PENIPU….!

Oleh karena itu kalau diminta nomor  rekening jangan diberi nomor rekening pribadi maupun sekolah, apalagi kalau sampai minta nomor  PIN ATM.

About these ads
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 28 Mei 2013 in Berita

 

One response to “AWAS PENIPUAN MENGATASNAMAKAN BAN-SM…!

  1. wahib

    15 Desember 2013 at 10:19

    trim’s informasinya. saya juga baru dapat e mail , tap tidak saya tanggapi

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: