RSS

ASPEK YANG DINILAI DALAM PENILAIAN KINERJA GURU

01 Feb

Foto-0548

Oleh: Use One

Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Selain tugas utama tersebut, guru juga dimungkinkan memiliki tugas-tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Penilaian kinerja guru kelas/mata pelajaran dan guru BK/Konselor dilakukan dengan mengacu kepada dimensi tugas utama guru yang meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai termasuk di dalamnya menganalisis hasil penilaian dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian.

Dimensi tugas utama ini kemudian diturunkan menjadi indikator kinerja yang dapat terukur sebagai bentuk unjuk kerja guru dalam melaksanakan tugas utamanya tersebut akibat dari kompetensi yang dimiliki guru. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru terdapat 4 (empat) kompetensi yang harus dimiliki guru, yaitu, kompetensi pedagogik,kepribadian, sosial, dan profesional dengan 14 (empat belas) subkompetensi sebagaimana yang telah dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Sedangkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor menjelaskan bahwa seorang guru BK/Konselor juga harus memiliki 4 (empat) kompetensi (pedagogik, keperibadian, sosial, dan profesional) dengan 17 sub-kompetensi.

Pengembangan instrumen penilaian kinerja guru kelas/mata pelajaran dan guru BK/Konseloryang mencakup 3 dimensi tugas utama dengan indikator kinerjanya masing-masing yang dinilai berdasarkan unjuk kerja akibat kompetensi yang dimiliki oleh guru. Untuk masing-masing indikator kinerja dari setiap dimensi tugas utama akan dinilai dengan menggunakan rubrik penilaian yang lebih rinci untuk melihat apakah unjuk kerja dari kepemilikan kompetensi tersebut tergambarkan dalam hasil kajian dokumen perencanaan termasuk dokumen pendukung lainnya dan/atau hasil pengamatan yang dilaksanakan oleh penilai pada saat melakukan pengamatan dalam pembelajaran selama proses penilaian kinerja.

Kisi-kisi instrumen yang menggambarkan hubungan antara dimensi tugas utama dan indikator kinerjanya dapat diperlihatkan pada`tabel berikut:

KISI-KISI PENILAIAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN

NO      DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU

I        PERENCANAAN PEMBELAJARAN

  • Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan    kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
  • Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
  • Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif.
  • Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran

II      PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF

 A. Kegiatan Pendahuluan

  • Guru memulai pembelajaran dengan efektif

B. Kegiatan Inti

  • Guru menguasai materi pelajaran.
  • Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
  • Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran.
  • Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
  • Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

C. Kegiatan Penutup

  • Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif

III.   PENILAIAN PEMBELAJARAN

  • Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
  • Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
  • Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya.

Demikian aspek yang dinilai dalam Penilaian Kinerja Guru ( PK Guru) mata pelajaran. Sedangkan untuk Penilaian Kinerja Guru ( PK Guru) dengan tugas tambahan menggunakan kisi-kisi tersendiri. Semoga dapat dijadikan  masukan bagi pembaca yang budiman dalam menghadapi pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru yang berlaku terhitung Januari 2013.

Tulisan ini diambil dari  sumber :

Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru,  Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Profesi Pendidik,  2012

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Februari 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: